MENGENAL APLIKASI RUMAH BELAJAR


Assalamualaikum Wr. Wb
Salam Semangat, Salam Sejahtera Untuk Kita Semua
Om Swastiastu
Namo Buddhaya

Bagaimana kabarnya hari ini rekan - rekan pendidik sekalian ? semoga baik - baik saja ya. Jumpa lagi dengan saya di postingan kedua, tempo lalu saya sudah menyampaikan "(Pengenalan Aplikasi Google Classroom)". Apakah rekan semua sudah mempraktekkannya ? jika sudah ayo kembangkan lagi, jika belum ayo segera dicoba pasti terasa manfaatnya.

Kali ini saya ingin mengenalkan media pembelajaran lagi, yaitu "Pengenalan Aplikasi Rumah Belajar". Apa itu rumah belajar ? isinya apa saja ? apakah bisa membantu rekan sekalian memaksimalkan kegiatan belajar mengajar ? 

Apa Itu Portal Rumah Belajar?
Portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.


192229

Guru

485862

Siswa
Pada dasarnya setiap ilmu itu berguna, jadi sudah pasti aplikasi rumah belajar berguna hehehehe. nah langsung saja tanpa ba bi bu lagi yukkkkk kita kenalan dengan "Rumah Belajar" ....

Rumah Belajar bisa diakses melalui website atau download di Play Store, rumah belajar ini berisikan hal hal sebagai berikut :

1. Tentunya akses dulu rumah belajar 

2. Tampilan rumah belajar pas dibuka 


Ada 4 bagian yang bisa rekan pilih sesuai kebutuhannya, seperti :
  • Kelas Digital : Sebuah Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara guru dan siswa. Dengan fitur ini, guru dapat memberikan bahan ajar yang dapat diakses dan dibagikan oleh siswa dalam bentuk digital kapan saja dan di mana saja.
  • Sumber Belajar : Fitur yang menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum. Materi ajar disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik dalam bentuk gambar, video, animasi, simulasi, evaluasi, dan permainan.
  • Bank Soal : Fitur kumpulan soal dan materi evaluasi siswa yang dikelompokkan berdasarkan topik ajar. Tersedia juga berbagai akses soal latihan, ulangan, dan ujian. 
  • Laboratorium Maya : Fitur simulasi praktikum laboratorium yang disajikan secara interaktif dan menarik, dikemas bersama lembar kerja siswa dan teori praktikum. 
 3. Adapula fitur lainnya dan fitur pendukung

  •  Fitur Lainnya : Buku Sekolah Elektronik, Modul Digital, Peta Budaya. Wahana Jelajah Angkasa dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
  • Fitur Pendukung : Karya Komunitas, Karya Guru, Karya Bahasa dan Sastra

4. Nahhhhh,,, kali ini yang mau saya kulik dibagian "Sumber Belajar", jika di klik tampilannya seperti ini

Pilihannya beragam dimulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, UMUM, SLB yang rekan sekalian bebas pilih yang mana dibutuhkan.
.
5. Karena saya mengajar di SD maka inilah tampilannya
contohnya : klik untuk materi "Gerhana Matahari" atau "Perkembangbiakan Generatif Tumbuhan"

Bisa didownload juga lohh,,, dan bisa dijadikan sebagai media pembelajaran baik dikelas atau dikolaborasikan dengan Classroom
.
.
Nah,,,, begitulah langkah - langkah menggunakan Rumah Belajar,,, silakan langsung dicoba ya dijamin terasa manfaatnya apalagi kita sebagai guru abad - 21 wajib menggunakan teknologi disetiap kegiatan belajar mengajar....
Jangan Ragu 
Jangan Takut 
Jangan Gundah
Jangan Gelisah

Yukkk mari belajar bersama,,, jika ada yang ditanyakan langsung saja ketik di kolom komentar, kita diskusikan bersama - sama 

Perjalanan seribu mil dimulai dengan satu langkah ~ Lao Tzu

Post a Comment

2 Comments

  1. Jika saya coba melalui HP apakah bisa ? atau memang harus lewat komputer

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa melalui HP, tinggal download dari playstore dengan search "Rumah Belajar"

      Delete